Instagram merupakan sosial media yang sangat populer saat ini, banyak masyarakat saat ini yang telah menggunakan instagram untuk memenuhi semua kebutuhan bersosial medianya.

Namun 85% orang yang menggunakan instagram hanya upload kehidupan kesehariannya saja, kemudian saat ada keinginan untuk berjualan di instagram, mereka belum mengetahui caranya dengan  benar dan akhirnya melakukan banyak kesalahan pada instagram jualannya.

yang seharusnya followersnya semakin bertambah tapi malah followernya segitu saja tidak bertambah, bahkan banyak yang mengunfollow.

Baca juga: Peluang usaha yang cocok untuk pemula

Ada beberapa kesalahan yang menjadi penyebab jualan anda di Instagram tidak berkembang, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Melakukan Spamming

Banyak akun online shop yang melakukan spamming ke akun-akun publik figure seperti artis atau selebgram, cara ini sungguh sangat mengganggu bagi sang pemilik akun atau netizen yang membaca komentar di akun tersebut.

jualan instagram

Cara seperti ini tidak akan meningkatkan penjualan anda, alih alih mendapatkan pembeli, akun anda malah dianggap online shop abal abal karena melakukan spamming di komentar instagram.

Hindari spamming ini jika ingin akun online shop anda tidak dianggap akun abal abal, untuk mendapatkan followers atau pembeli di Instagram dengan cara profesional.

2. Terlalu sering posting atau sangat jarang posting

Jika anda terlalu sering post sesuatu yang tidak terlalu penting di instagram baik di feed atau story dapat mengganggu followers anda bisa bisa followers anda meng unfollow online shop anda.

Jarang update di Instagram juga akan menurunkan bisa menurunkan followers, akun anda dianggap sudah tidak aktif sehingga mereka akan meng unfollow akun online shop anda.

3. Tidak berinteraksi dengan followers

Jika anda mempunyai banyak orderan sehingga anda tidak sempat untuk membalas pertanyaan calon konsumen di komentar sebaiknya anda menambahkan kalimat seperti ” fast respon chat WA/Line ” sehingga mereka mereka dapat langsung menghubungi anda di WA atau Line, namun jika anda mempunyai waktu, sempatkanlah untuk membalas pertanyaan calon pembeli di komentar untuk menjaga kepercayaan calon konsumen anda

4. Beli Followers

Jika ingin online shop anda  telihat lebih keren karena mempunyai banyak followers dengan cara membeli followers sah-sah saja, tapi yang pasti followers anda tidak tertarik untuk membeli produk anda, dibaratkan mereka hanya boneka yang dipajang dan tidak mekakukan interaksi, sebaiknya hindari cara ini agar tidak membuang buang uang unda hanya untuk membeli fake followers.

5. Tidak memakai Hashtag

Penggunaan hashtag sangat penting di instagram untuk menjangkau followers lebih banyak, hashtag sama halnya seperti keyword google untuk mencari sesuatu, jika ada orang mengetik kaos, maka akan muncul juga hashtag #kaos, jika tidak menggunakan hashtag, maka anda melewatkan peluang ini.

 

Itulah 5 hal yang yang menyebabkan penjualan di Instagram kurang diminati dan sebaiknya anda menhindarinya.