Apakah kamu ingin tahu cara meningkatkan omset penjualan anda di tahun 2020? kali ini kita akan membahas cara meningkatkan omset penjualan tahun 2020 ini . Tapi sebelum itu kita bahas terlebih dahulu pengertian dasar dasar tentang Omset. Tapi bagi kamu yang sudah tidak sabar bisa langsung menuju pembahasannya.

 

Pengertian Omset

Menurut Wikipedia Omset adalah  total pendapatan yang didapatkan dari semua penjualan baik produk atau jasa dalam waktu tertentu seperti harian/ bulanan/ tahunan. Total semua pendapatan tersebut belum dikurangi Harga Pokok Penjualan dan biaya lainnya (listrik, air, gaji, perlengkapan dll). Bisa dibilang omset adalah laba kotor yang didapatkan dari usaha anda.

Meningkatkan omset penjualan merupakan target semua pemilik bisnis. Dengan meningkatnya penjualan menandakan bahwa suatu bisnis berjalan dengan baik. Berbagai cara akan dilakukan oleh pemilik bisnis untuk meningkatkan omset penjualan mereka.

Lalu bagaiama cara meningatkan omset penjualan pada tahun 2020 ini ?  Berkut ini 7 cara meningkatkan omset penjualan pada bisnis anda

 

1 . Inovasi Produk

Produk atau jasa apapun yang anda jual, anda perlu berinovasi dengan produk anda supaya produk atau jasa yang anda jual memiliki nilai yang lebih dari para kompetitor anda dan wajib mengikuti perkembangan jaman

Anda harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman supaya bisnis anda bisa terus bertahan dan berkembang  mengikuti trend yang ada.

 

2. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung ke bisnis kita dengan cara mengoptimasi website untuk mendapatkan visitor organic dari Google. Apakah penting mengoptimasi website ? iya sangat penting, jika visitor website dalam 1 bulan 20000 visitor dan bisa menjual 100 produk tiap bulan, dengan mengoptimasi SEO (Search Engine Optimization) penjualan anda bisa meningkat bahkan hingga100 %. Lalu bagaimana cara mengoptimasi SEO ?

Anda perlu mempelajari ilmu SEO agar anda bisa menguasai ilmu SEO, anda bisa belajar soal SEO di Internet, Youtube, bergabung dengan komunitas yang membahas SEO dll atau jika anda tidak ingin ribet, anda bisa mencari kancari karyawan yang mempunyai keahlian dibidang SEO.

 

3. Memperbanyak Pintu Penjualan

Apapun bisnis yang anda jalankan, anda perlu melebarkan sayap untuk penjualan untuk menjangkaupasar yang lebih luas, semakin luas pintupenjualan anda, semain luas besar pula omset penjualan anda.

Anda bisa membuat website sendiri dan mengoptimasinya agar toko anda terlihat prfesional,  selain itu anda juga bisa berjualan di semua marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dll produk anda semakin dikenal banyak orang dan ujung ujungnya akan meningkatkan omset penjualan bisnis anda.

 

4. Promosi yang matang dan Tertarget

Untuk cara yang satu ini anda harus menyiapkan uang untuk melakukannya lalu dimana kita bisa beriklan ? Anda bisa beriklan di Google, Facebook, Instagram, Youtube atau Banner di Website bertraffik tinggi.Dengan beriklan anda pasar anda bisa lebih tertarget dan tepat sasaran.

Anda harus pintar pintar dalam hal ini karena jika tidak, budget untuk iklan anda akan bengkak dan bisa bisa anda tidak balik modal, jika anda tidak ahli dala hal ini anda bisa mempekerjakan orang yang ahli dibidang ini.

 

5. Memberikan Pelayanan dan Penawaran Yang Menarik ke Konsumen

Ini adalah hal wajib yang anda harus laukukan ntuk meningkatkan omset penjualan pada bisnis anda. Bayangkan anda adalah seorang konsumen, pelayanan atau penawaran apa yang ingin anda dapatkan dari seorang penjual ? Pasti anda ingin pelayanan yang baik dari penjual karena pelayanan yang buruk akan membuat konsumen kabur.

Anda juga harus membuat penawaran yang menarik untuk membuat konsumen lebih tertarik dengan produk kita, misal kita memberi diskon, Cashback atau gratis ongkir, Karena masyarakat sangat tertarik jika ada promosi promosi dari penjual.

 

6. Amati Kompetitor Bisnis Anda

Kita bisa mengamati kompetitor bisnis yang serupa dengan bisnis anda, kita bisa meniru cara sukses mereka, arti kata ” Meniru” disini bukan berati kita meniru sama persis produk, cara promosi dll. anda bisa menerapkan Prinsip ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi).

Anda bisa meniru hal terbaik dari kompetitor untuk diterapkan di bisnis anda seperti strategi yang mereka pakai seperti dll, lalu anda tiru cara meraka dan memodifikasinya dengan cara anda sendiri yang lebih baik, unik dan menarik.

Hal Seperti ini juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan omset penjualan pada bisnis anda, pastinya anda akan mempelajari banyak hal dengan menerapkan cara ini untuk meningkatkan omset penjualan pada bisnis anda. Dengan menerapkan cara ini, anda bisa 1 langkah lebih maju dari kompetitor anda.

 

7. Menjaga Pelanggan Lama Agar tetap Setia

Mencari pelanggan baru akan lebih banyak menghabiskan biaya dan tenaga karena kita harus promosi sana sini untuk memperkanlkan produk atau jasa kita ke orang banyak karena meraka belum mengenal produk kita, maka dari itu kita harus menjaga pelanggan lama agar tetap setia memakai produk atau jasa kita.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan pelanggan setia  akan ikut mempromosikan atau merekomendasikan produk/jasa kita kepada orang sekitarnya karena merasa produk dan pelayanan kita baik terhadap mereka. cara ini sangat efektif dilakukan untuk mengurangi biaya marketing dan pastinya akan menambah omset serta keuntungan bisnis kita.

Itulah 7 cara meningkatkan omset penjualan pada bisnis anda, Semoga artikel ini  bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda.