Cara Sukses Berbisnis Dropship – Bagi kamu yang sedang mencari bisnis sampingan yang bisa dikerjakan ketika anda kerja dan tidak membutuhkan waktu dan biaya, Bisnis Dropship adalah pilihan yang paling tepat untuk anda.

Banyak sekali pilihan bisnis Dropship modal kecil yang bisa anda kerjakan dari rumah atau tempat kerja bahkan saat ini banyak orang yang keluar dari pekerjaannya untuk fokus berbisnis dropship karena mereka lebih banyak mempunyai waktu luang agar lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya.

Namun sebelum kami menunjukkan bagaimana caranya agar Anda bisa memulai bisnis Anda, baiknya Anda benar-benar memahami terlebih dahulu soal konsep dropshipping. Simak penjelasan kami berikut ini!

 

Apa itu Dropship ?

Dropshipping merupakan proses pengiriman barang secara langsung ke pelanggan Anda dari supplier  yang merupakan pihak ketiga atau “vendor”. Proses ini dilakukan tanpa perantara lainnya semacam menyimpan barang terlebih dahulu di lokasi anda.

 

Dimana saya bisa menemukan Suplier ?

Banyak sekali yang bisa anda jadikan supplier untuk dropship kamu, Kamu bisa mencari supplier di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll. Anda juga bisa mencari di Internet dengan keyword “Suplier Dropship”.

Bagi kamu yang mencari produk Kosmetik, PASTISUKSES menyediakan Produk Dropship bagi kamu yang ingin berbisnis dropship, untuk info lebih lanjut.

 

Tips mencari supplier yang baik

Sangat banyak sekali yang bisa dijadikan supplier untuk bisnis Dropship anda tapi tidak semua supplier bisa dipercaya, kamu harus tahu, Seorang  dropshipper tidak ikut campur di dalam pengecekan kualitas barang yang mereka kirim, dan mereka juga tidak ikut andil dalam proses pengiriman barangnya. Maka Anda musti siap, jika ada keterlambatan atau hambatan lainnya pada proses pengiriman barang, Anda akan diminta pertanggungjawaban dari si pembeli atau pemesan barang. Apalagi barang yang dikirim tidak sesuai harapan si pembeli.

Nah maka dari itu kamu harus pintar pintar mencari supplier yang bisa dipercaya dan bisa bertanggung jawab , untuk menghindari terhindarnya respon negative dari pembeli jika tidak sesuai harapan mereka.

Berikut tips yang perlu ditanyakan kepada supplier jika anda ingin menjadi Dropshipper:

  • Ada kejelasan stok dan harga barang yang disediakan supplier
  • Adanya biaya tambahan dan biaya lain lain untuk menghindari disaat telah order
  • Cara pembayaran dll
  • Tanyakan apakah supplier bisa mengirim produk ke daerah tertentu ? ini terjadi karena ada kemungkinan di tempat supplier tidak tersedia jasa pengiriman untuk daerah tertentu
  • Apakah produk bisa di custom jika pembeli ingin mengcustom produk yang ingin dibeli
  • Bagaimana kebijakan pengembalian produk
  • Mengetahui rating dari supplier, untuk mengetahui rating supplier kamu bisa mencari informasi tentang supplier tersebut di internet, forum forum, marketplace dll

 

Apa keuntungan Menjalani Bisnis Dropship?

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjalankan bisnis Dropship, berikut ini manfaat dan keuntungannya:

Modal Kecil

Kamu tidak memerlukan modal yang besar untuk menjalankan bsnis dropship, anda hanya perlu mencari dan mempromosikan produk ke customer dan jika kamu mendapat order, kamu bisa langsung menghubungi supplier penyedia produk tersebut.

Anda tidak perlu beli produknya dulu kecuali si pembeli yang tertarik sudah melakukan transaksi atau beli ke Anda. Itupun Anda tinggal meneruskan uang yang sudah Anda terima dari si pembeli dan bisa langsung mengambil keuntungannya. Uang atau modal juga jadi lebih sedikit karena Anda tidak usah memikirkan biaya sewa atau beli tempat penyimpanan buat barang atau produk-produk yang mau Anda jual.

Mudah dijalankan

Bisnis Dropship sangat mudah dijalankan apalagi dijaman era digital ini, Anda tidak perlu berurusan dengan produk atau pembeli Anda secara fisik. Jika Anda bergelut dalam penjualan yang tradisional pada umumnya, Anda harus capek-capek melakukan kampanye langsung atau menjadi sales dengan berkomunikasi ke satu dan lebih banyak orang secara tatap muka. Bisnis di era digital kini membuat hal itu jadi lebih mudah. Bahkan bila Anda membaca penjelasan kami sebelumnya soal konten dari supplier, Anda sudah punya foto produk dan keterangan lainnya yang tinggal Anda upload dan masukkan ke media penjualan Anda. Anda juga tak perlu mengurus inventarisasi, pengelolaan gudang atau storage, pengemasan dan pengiriman barangnya. Benar-benar tidak ribet, bukan?

 

Cara menjadi dropship di Tokopedia

Dropship produk di tokopedia tidaklah sulit. Di tokopedia sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk kamu yang ingin menjalani bisnis dropship. Tentu itu akan sangat memudahkanmu untuk menjalankannya. Lalu bagaimana caranya menjadi Dropship di Tokopedia?

Kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

Cara dropship di Tokopedia

Ketika anda membeli produk di tokopedia, jangan lupa untuk mencentang kolom menjadi Dropship. Setelah itu isi toko anda dan nomor HP kamu. Setelah itu lakukan pembayaran tokopedia.

 

Cara menjadi Dropship di Shopee

Saat ini Shopee juga menyediakan fitur dropship bagi kalian yang ingin menjadi dropship di shopee, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi dropship produk di Shopee, salah satu contohnya adalah adanya gratis ongkir dari Shopee, Untuk lebih jelas tentang cara dropship di Shopee lihat gambar dibawah

Cara dropship di Shopee

Pada gambar diatas, klik tombol seperti yang dilingkari pada gambar, setelah itu isi informasi toko anda dan nomor handphone anda. Setelah itu lakukan pembayaran Shopee.

 

Cara menjadi dropship di Bukalapak

Sama halnya seperti Tokopedia dan Shopee, Bukalapak juga menyediakan Program Dropship, Bagaimana cara dropship di Bukalapak ? lihat gambar dibawah

Cara dropship di Bukalapak

Ikuti tutorial seperti gambar diatas, centang tombol “kirim sebagai dropshipper”,  kemudian isi informasi toko anda dan nomor handphone anda. Setelah itu lakukan pembayaran tokopedia.