Daun sirih digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai kebutuhan khususnya untuk kesehatan. Tanaman yang termasuk keluarga Piperaceae ini sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak 400 Sebelum Masehi. Ada dua jenis daun sirih, yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau. Daun sirih umumnya digunakan untuk menjaga kesehatan manusia karena banyak mengandung vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten. Daun sirih juga mengandung minyak atsiri, chavicol, betelphenol, eugenol, terpene,  dan campene memiliki khasiat ampuh untuk obat berbagai penyakit.

Macam – macam daun sirih yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya ada 2, yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau. Kedua jenis daun sirih ini sudah tak asing lagi karena banyak ditemukan di halaman rumah masyarakat dan di pasar tradisional. Banyak sekali khasiat yang dimiliki daun sirih, simak penjelasan lengkap tentang macam-macam daun sirih dan khasiatnya yang ampuh berikut ini.

 

Khasiat Daun Sirih Merah

Daun sirih merah memiliki kandungan yang hampir sama dengan daun sirih hijau. Perbedaannya, daun sirih merah diperkaya dengan flavonoid. Adapun beberapa khasiat daun sirih merah berikut ini.

A. Menyembuhkan mimisan

Daun sirih merah mengandung fenil poppies dan terpene yang mampu menghentikan pendarahan di hidung yang dikenal dengan nama mimisan. Daun ini juga mengandung antioksidan berupa tannin yang mampu mengaktifkan respon tubuh dalam penyembuhan luka. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Phyto Journal, daun sirih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga luka atau peradangan bisa sembuh dengan cepat. Cara untuk menyembuhkan mimisan dengan memasukkan gulungan daun sirih merah ke lubang hidung.

Baca juga:

Mannfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kulit wajah dan kecantikan

B. Menyembuhkan luka bakar

Kandungan alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah mampu meredakan peradangan dan perdarahan di area kulit yang terbakar. Bagaimana cara menyembuhkan luka bakar dengan daun sirih merah? Caranya dengan menumbuk 3-5 daun sirih merah, lalu campurkan dengan 2 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut di kulit yang terbakar 2 kali sehari. Alternatif cara mudah lainnya adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water dengan cara disemprotkan ke area luka.

C. Sebagai obat kumur

Daun sirih merah mengandung saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor yang meredakan peradangan pada gusi berdarah. Cara mengatasi gusi berdarah dengan berkumur air rebusan 10 lembar daun sirih merah sebanyak 3 kali sehari. Air rebusan daun sirih merah juga bisa mengatasi bau mulut karena mengandung senyawa eugenol dan capitol. Selain itu, berkumur dengan air rebusan daun sirih merah bisa membunuh patogen di mulut yang menyebabkan infeksi dan karies gigi. Daun sirih merah juga mampu menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri sehingga cocok untuk dijadikan penyegar mulut. Berbagai masalah gigi dan gusi juga bisa diatasi dengan berkumur air rebusan daun sirih merah. Selesaikan tahapan akhir dengan minum air hangat.

D. Menyembuhkan gatal pada kulit

Rasa gatal akibat alergi dan gigitan serangga cukup mengganggu sehingga harus segera diatasi. Bagaimana cara menyembuhkan gatal pada kulit? Dengan mandi air rebusan 20-30 lembar daun sirih merah sebanyak 2 kali sehari. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water untuk membersihkan bagian tubuh yang gatal. Kulit akan bersih dan bebas gatal karena sudah memakai produk yang tepat.

E. Menyembuhkan payudara bengkak

Ibu menyusui sering mengalami pembengkakan pada payudara. Cara menyembuhkan rasa nyeri dan bengkak di payudara dengan memakai daun sirih merah yang dibakar hingga layu, lalu ditempelkan selagi hangat di payudara. Kandungan senyawa allylprokatecol dan carvacrol sangat efektif meregangkan otot-otot payudara yang meradang.

F. Menghilangkan bau badan

Daun sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mampu mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat sehingga menghilangkan bau badan. Bagaimana cara memakainya? Mandi dengan air rebusan daun sirih merah setiap hari dan tempelkan 2 lembar daun sirih merah yang telah ditumbuk ke ketiak secara teratur. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water untuk dioleskan pada ketiak yang berbau.

Khasiat Daun Sirih Hijau

Daun sirih hijau tidak mengandung flavonoid seperti sirih merah, tetapi khasiat ampuhnya untuk kesehatan dan kecantikan tak bisa diremehkan. Lalu, apa saja khasiat daun sirih hijau? Simak ulasannya berikut ini.

A. Menyembuhkan luka

Jika sulit menemukan daun sirih merah, gunakan daun sirih hijau untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Kandungan antioksidan daun sirih hijau dapat menyembuhkan stres oksidatif pada luka. Cara mudah untuk menyembuhkan luka dengan daun sirih hijau adalah mengompres luka dengan daun sirih hijau yang ditumbuk dan balut dengan perban. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water untuk membersihkan luka dan mengurangi memar.

B. Mengobati rasa nyeri

Daun sirih hijau mengandung chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Rasa nyeri pada luka atau bekas luka serta bagian tubuh lainnya yang terbentur bisa dihilangkan dengan mengompres dengan daun sirih hijau. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water dengan mengolesnya pada bagian yang nyeri.

C. Mencegah kanker kulit

Berdasarkan hasil penelitian Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine dan Piramal Life Sciences, daun sirih hijau mengandung senyawa bioaktif seperti asam lemak dan fenol yang mampu menurunkan risiko kanker kulit. Manfaat daun sirih hijau yang tak banyak diketahui adalah dijadikan obat untuk mencegah kanker yang mampu menghambat pertumbuhan kanker di kulit. Cara terbaik untuk memakai daun sirih pada kulit adalah dengan memakai produk ekstrak daun sirih hijau seperti TLF Micelar Water. Produk yang terbuat dari daun sirih ini terjamin aman karena tidak ada bahan kimia yang berbahaya sehingga bisa digunakan setiap hari.

D. Menyembuhkan gatal pada kulit

Rasa gatal akibat alergi dan gigitan serangga cukup mengganggu sehingga harus segera diatasi. Bagaimana cara menyembuhkan gatal pada kulit? Dengan mandi air rebusan 20-30 lembar daun sirih hijau yang masih hangat sebanyak 2 kali sehari. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water untuk membersihkan bagian tubuh yang gatal. Kulit akan bebas gatal karena sudah bersih dan tidak ada polutan yang menempel.

E. Mencegah bau badan

Daun sirih hijau mengandung minyak esensial dan sifat anti-bakteri yang mampu mengatasi bau badan. Bagaimana cara memakainya untuk mencegah bau badan? Mandi dengan air rebusan daun sirih hijau setiap hari. Cara lain yang jauh lebih mudah adalah memakai produk ekstrak daun sirih seperti TLF Miracle Water untuk dioleskan pada ketiak yang berbau tidak sedap.

Macam – macam daun sirih dan khasiatnya yang ampuh bisa ditemukan pada TLF Miracle Water yang begitu alami. Produk ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan bisa dipesan secara online melalui marketplace. Pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan menyemprotkan ke area yang ingin dibersihkan ataupun dihilangkan masalahnya saja.