Daun sirih identik dengan orang-orang lanjut usia. Kebiasaan mengunyah daun sirih memang sering dilakukan oleh para orangtua pada jaman dahulu. Ada dua jenis daun sirih, yaitu sirih hijau dan sirih merah. Sirih mengandung saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk memakai daun sirih setiap hari dengan takaran yang cukup. Lalu apa saja manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

 

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih mengandung banyak air, yakni  85-90%. Namun, daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak, hanya mengandung 44 kalori per 100 gram dan 0,4-1% lemak. Daun sirih memiliki sifat antiseptik, mampu mencegah inflamasi, dan mampu mendinginkan kulit. Konsumsi daun sirih dengan dikunyah atau diminum air rebusannya agar mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan. Kandungan daun sirih lainnya antara lain protein, iodin, sodium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, dan asam nikotinat.

Baca juga:

Cara mengatasi keputihan pada wanita

Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kulit wajah dan kecantikan

 

Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa khasiat daun sirih yang belum diketahui oleh banyak orang, diantaranya:

1. Menyembuhkan mimisan

Daun sirih mengandung antioksidan berupa tannin yang mampu mengaktifkan respon tubuh dalam penyembuhan luka. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Phyto Journal, daun sirih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga luka atau peradangan bisa sembuh dengan cepat.

2. Menyembuhkan luka

Faktanya, daun sirih bisa menjadi antiseptik alami karena mengandung polifenol berupa chavicol yang mampu melindungi dari kuman yang berbahaya. Gunakan daun sirih pada luka dengan cara membalutnya untuk membunuh kuman. Antioksidan pada daun sirih juga bisa mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis. Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang mampu melawan infeksi akibat bakteri.

Daun sirih mampu mengobati luka yang terjadi seperti luka akibat diabetes, luka karena terjatuh, luka yang mengelupas karena terkena benda panas atau minyak panas, luka bakar, dan jenis-jenis luka lainnya. Cara menyembuhkan luka dengan daun sirih sebaiknya dengan membersihkan luka terlebih dahulu, setelah itu mengoles atau membungkus luka dengan daun sirih. Cara lainnya dengan memakai produk sari daun sirih.

3. Menghilangkan bekas luka

Tidak hanya mampu menyembuhkan luka, daun sirih jua mampu menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh banyak faktor seperti goresan benda tajam, bekas jerawat yang sudah menghitam, bekas luka goreng yang telah terkelupas, bekas terkena penyakit cacar air, bekas gigitan berbagai macam serangga, bekas jahitan operasi, dan bekas luka lainnya.

4. Meredakan rasa sakit pinggang

Khasiat daun sirih yang tidak banyak diketahui adalah mampu meredakan rasa sakit di pinggang. Para pekerja lapangan atau kuli yang biasa mengangkat benda-benda besar dan berat sangat disarankan untuk mengonsumsi daun sirih. Cara pemakaiannya dengan memakai minyak daun sirih untuk memijat pinggang. Sari daun sirih mampu meredakan nyeri otot, kemerahan, dan pembengkakan.

5. Menyehatkan kulit

Ternyata daun sirih baik untuk kesehatan wajah. Kendala yang sering terjadi seperti jerawat, flek hitam, dan berbagai masalah kulit lainnya bisa teratasi dengan mengonsumsi daun sirih. Kandungan antimikroba dalam daun sirih juga bisa menyembuhkan sariawan, alergi, gatal, dan bau badan. Cara memakai daun sirih untuk mengobati jerawat adalah dengan mengoleskan daun sirih yang sudah dihancurkan dan mencampurnya dengan sedikit kunyit.

6. Mengatasi keputihan pada wanita

Keputihan adalah keluarnya lendir atau cairan berwarna putih dari vagina. Salah satu kendala yang sering dialami oleh para wanita terutama remaja dan wanita yang masih produktif ini sering menyebabkan berbagai keluhan karena bisa menyebabkan nyeri dan bau yang mengganggu. Banyak faktor yang menyebabkan keputihan antara lain hormon, masalah hubungan intim, penyakit tertentu, dan masih banyak lagi. Kondisi ini bisa diatasi dengan daun sirih. Caranya dengan memakai sari daun sirih yang produknya bisa dibeli di berbagai supermarket atau minimarket terdekat.

7. Menyehatkan gigi dan gusi

Salah satu khasiat daun sirih yang tidak banyak diketahui adalah mampu menyehatkan gigi dan gusi. Daun sirih dalam bentuk olahan atau produk sari daun sirih bisa menggantikan fungsi pasta gigi. Tidak ada salahnya untuk memakai ekstrak daun sirih dengan berkumur, jika tidak ada waktu untuk menyikat gigi. Alternatif unik ini bisa dilakukan sesering mungkin karena sangat aman untuk siapa saja. Daun sirih sebagai obat kumur sudah cukup populer. Cara termudah untuk berkumur dengan daun sirih adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih, kemudian air rebusannya dipakai untuk berkumur.

8. Proteksi dari berbagai kuman dan virus

Salah satu manfaat yang mungkin tidak terlihat dari daun sirih adalah melindungi tubuh dari berbagai kuman. Tubuh yang diolesi dengan ekstrak daun sirih bisa menjadi bersih dan terlindung dari berbagai kuman. Maraknya penyebaran virus corona membuat kita sadar tentang pentingnya kebersihan terutama kebersihan tangan. Pakailah produk yang mengandung ekstrak daun sirih untuk membersihkan dan merawat tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Ibu harus mengingatkan dan merawat keluarga kecilnya agar tetap bersih dan sehat.

 

Manfaat TLF Miracle Water

Semua manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan bisa ditemukan pada TLF Miracle Water yang begitu alami. Hebatnya, produk ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan bisa dipesan secara online melalui marketplace. TLF Miracle Water yang terbuat dari 100% bahan alami (organik) terbuat dari bahan – bahan seperti daun sirih, buah tin, daun zaitun dan panax ginseng ini adalah solusi terobosan tercanggih satu produk herbal dengan berjuta manfaat.