Daun Zaitun yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama Olea eropaea sudah dikenal oleh masyarakat sejak dahulu kala. Masyarakat tradisional Maroko sudah memakai daun zaitun sebagai obat untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Bahkan berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa daun zaitun mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu senyawa utama yang dimiliki oleh daun zaitun dan sangat bermanfaat adalah oleuropein yang telah diteliti sejak awal tahun 1900.

 

Kandungan daun zaitun

Oleuropein tergolong iridoid yang mampu melawan bakteri, virus, dan jamur. Senyawa ini juga mampu melawan berbagai tipe infeksi internal. Oleuropein juga dapat meningkatkan produksi thermogenin dalam tubuh, yaitu senyawa yang dapat membakar lemak secara efektif. Berdasarkan penelitian di kota Milan, senyawa ini mengandung antioksidan yang poten, artinya mampu menghambat oksidasi lipid di dalam darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.  Hebatnya, kegiatan antioksidan dalam daun zaitun lebih tinggi daripada teh hijau.

Berdasarkan studi ilmiah, antioksidan yang diperoleh dari tanaman bisa memberikan manfaat bagi kesehatan terutama menghilangkan risiko berbagai penyakit kronik. Bahkan, daun zaitun juga berperan sebagai anti-inflamasi sehingga sangat bagus untuk kesehatan bagian luar tubuh. Menurut Chris Kilham, seorang ahli etnobotani yang mendalami obat herbal dari University of Massachusetts Amherst, pengobatan modern sudah banyak memakai daun zaitun yang ternyata sudah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Baca juga:

Manfaat Daun Zaitun untuk Wajah dan Kecantikan

Usaha Modal Kecil Untung Besar

 

Manfaat daun zaitun

Daun zaitun sudah banyak diekstraksi untuk berbagai keperluan terutama untuk kesehatan karena memiliki beberapa sifat terapeutik antara lain gastroprotektif yang mampu melindungi sistem pencernaan, neuroprotektif yang mampu melindungi sistem saraf pusat, antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme, antikanker yang mampu mengurangi risiko kanker, antiinflamasi yang mampu mengurangi risiko radang, antinociceptif yang mampu mengurangi rangsangan nyeri, dan antioksidan yang mampu mencegah oksidasi atau kerusakan sel.

 

Khasiat daun zaitun untuk tubuh

Beberapa khasiat daun zaitun untuk kesehatan tubuh manusia akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Menyembuhkan herpes

Herpes adalah jenis penyakit kulit yang terjadi karena Virus HSV atau virus herpes. Orang-orang yang terinfeksi virus herpes akan menderita luka di leher, bibir, kemaluan, atau bagian tubuh lainnya. Luka-luka tersebut menimbulkan rasa gatal dan perih. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh African Journal of Microbiology Research, daun zaitun mampu melawan virus dan mikroba atau bakteri sehingga pemakaian produk dengan ekstrak daun zaitun bisa menyehatkan tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Molecular Science, sifat antioksidan pada oleuropein dari ekstrak daun zaitun mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Cara untuk menyembuhkan herpes dengan daun zaitun adalah dengan menyemprotkan ekstrak produk daun zaitun seperti TLF Miracle Water pada luka sehingga tidak membutuhkan kapas atau tisu untuk menempelkannya. Spray yang disediakan pada produk TLF Miracle Water begitu ergonomis sehingga sangat mudah dipakai tanpa ada sensasi tersendat atau mampet.

2. Menghilangkan gelambir pada tubuh

Manfaat daun zaitun diketahui dapat menurunkan berat badan ketika dikonsumsi dalam bentuk larutan atau cairan, tetapi saat ini daun zaitun juga sudah bisa digunakan untuk menghilangkan gelambir pada tubuh. Fakta ini dibuktikan dengan sebuah penelitian pada tahun 2014, ekstrak daun zaitun benar-benar mampu mencegah obesitas akibat diet tinggi lemak. Produk ekstrak daun zaitun yang diminum memang bisa mencegah obesitas karena mampu mengatur ekspresi gen yang menyebabkan kenaikan berat badan. Saat ini telah ada produk ekstrak daun zaitun, yaitu TLF Miracle Water yang mampu menghilangkan gelambir pada tubuh karena lemak berlebih. Cukup menyemprotkan produk ini setiap hari maka manfaatnya bisa dirasakan segera.

3. Menurunkan resiko kanker kulit

Berdasarkan studi sel, daun zaitun yang telah diolah menjadi produk tertentu, mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker terutama kanker kulit. Senyawa fenolik yang ditemukan dalam daun zaitun berperan penting untuk menghentikan aktivitas sel kanker yang berbahaya sehingga tidak bisa berkembang biak. Ekstrak daun zaitun memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai polutan atau dampak buruk dari lingkungan. Bahkan, ekstrak daun zaitun mampu mencegah pertumbuhan sel tubuh yang abnormal.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa oleuropein dalam sel bisa mencegah proses replikasi, penyebaran, dan penyerangan sel kanker kepada bagian lain dari tubuh. Hasilnya, ukuran tumor bisa menyusut secara efektif dalam waktu 2 minggu. Ekstrak daun zaitun juga bisa mencegah kerusakan DNA dalam sel-sel darah manusia karena materi genetik telah dilindungi.

4. Mengatasi bibir pecah-pecah

Manfaat daun zaitun lainnya adalah untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah. Setiap orang khususnya wanita pasti ingin memiliki bibir yang lembab. Faktanya, banyak orang sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah ketika cuaca ekstrim, yaitu musim panas atau kemarau yang sangat panas dan musim dingin (bersalju) atau musim hujan. Kondisi seperti ini tentu saja sangat mengganggu penampilan. Kondisi bibir pecah-pecah yang dikenal dengan cheilitis disebabkan oleh hal-hal tertentu dan umum terjadi pada banyak orang. Penyebab-penyebab yang umum membuat bibir kering antara lain kurang minum air putih, suhu udara sangat dingin, sering terkena paparan matahari.

Cara mudah untuk mengatasi bibir pecah-pecah hingga terkelupas adalah memakai produk dengan ekstrak daun zaitun seperti TLF Miracle Water. Pemakaian produk ini sangat mudah, hanya perlu disemprotkan ke area bibir sehingga bibir menjadi lembab kembali. Uniknya, produk ini tidak membahayakan jika tertelan karena mengandung bahan-bahan alami.

5. Melembapkan kulit yang kering

Orang-orang yang tinggal di negara-negara tropis seperti Indonesia sering mengalami kulit kering karena panas matahari pada musim kemaran begitu menyengat. Daun zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit sehingga mampu memberikan efek tenang dan mengatasi kulit kering di seluruh tubuh. Bagaimana cara mengatasi kulit kering?  Gunakan produk ekstrak daun zaitun seperti TLF Miracle Water yang sangat mudah digunakan. Cukup menyemprot ke bagian tubuh yang kering terutama wajah sebelum memakai krim wajah dan alat kosmetik lainnya. Jika tubuh kering maka semprotkan ekstrak daun zaitun pada bagian tubuh yang kering setidaknya setengah jam sebelum mandi. Setelah disemprotkan, ratakan air ajaib tersebut di area kulit kering lainnya dan pijat secara perlahan.

Ada cara mudah untuk mendapatkan manfaat dari daun zaitun, semua manfaatnya bisa ditemukan di TLF Miracle Water. Terbuat dari 100% bahan alami (organik). Produk ini sudah terdaftar di BPOM dan aman untuk segala golongan usia, jenis kelamin serta aman jika terkena mata atau tertelan karena tidak memiliki efek samping negatif apapun.