Beberapa tahun belakangan banyak yang beranggapan bila bisnis warung kopi memiliki prospek yang kecil untuk berkembang. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin pesatnya perkembangan zaman, bisnis warung kopi bukan lagi sebuah bisnis tanpa prospek maju.

Melainkan sudah banyak saat ini kalangan yang meraih kesuksesan bermula dari bisnis tersebut. Belum lagi jika menjual jenis kopi bervariasi, misalnya berasal dari semua daerah secara khusus yang ada di Indonesia.

Bila memang anda ingin mencoba bisnis warung kopi, maka perlu ada pemahaman yang lebih lagi akan hal tersebut. Maka dari itulah artikel ini dibuat, yang mana bisa memberikan edukasi lebih tinggi lagi pada semua pembaca, atau bagi kalangan yang berencana memiliki bisnis warung kopi.

Baca juga: 41 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

1. Memutuskan untuk Bisnis Warung Kopi

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis warung kopi, alangkah lebih baik memahami beberapa hal yang diperlukan. Diantaranya bisa anda ketahui pada pembahasan berikut yang akan disampaikan.

Maka dari itu silahkan membaca tulisan ini hingga selesai guna mengerti hal apa yang diperlukan bila memang ingin membuat usaha warung kopi.

a. Memilih Tempat Strategis

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai sebuah bisnis termasuk warung kopi, yakni menentukan tempat yang strategis. Perlu diketahui bisnis warung kopi sedikit berbeda dengan jenis bisnis makanan. Karena tingkat konsumen dari keduanya juga berbeda. Secara tidak langsung tidak semua orang dapat menikmati kopi, berbeda dengan bisnis makanan.

Maka dari itu lebih baik melakukan survei tempat strategis guna bisa membuat bisnis warung kopi bisa berjalan dengan lancar. Survei bisa saja dilakukan pada tempat

berbeda, misalnya yang berdekatan dengan tempat tinggal sampai pada tempat yang sedikit jauh dari rumah anda. Dengan catatan tempat yang dipilih memiliki potensi mendatangkan konsumen lebih besar lagi ke depannya.

b. Memilih Target Pasar

Setelah menemukan tempat yang sesuai untuk membuka bisnis warung kopi, selanjutnya harus mengetahui target pasar yang tepat. Target yang dimaksudkan bisa saja menjaring kalangan tertentu. Misalnya kalangan orang tua atau kalangan anak muda. Kemudian sesuaikan dengan jenis kopi apa yang akan dijual nantinya terlebih cocok dan disukai banyak konsumen.

Apabila sudah memilih target pasar yang benar, selanjutnya baru bisa beralih pada teknik lainnya. Teknik lain yang perlu diketahui akan dibahas lebih lanjut pada artikel ini. silahkan terus membaca artikel ini bila ingin mendapatkan pemahaman yang lebih lagi berkaitan dengan bisnis warung kopi.

2. Tips dalam Memulai Bisnis Warung Kopi

Setelah menjalankan beberapa poin yang sudah dijelaskan sebelumnya, baik itu pemilihan target pasar, memilih tempat yang strategis, selanjutnya perlu mengetahui beberapa tips yang perlu dilakukan pada bisnis warung kopi yang ingin dijalankan. Atau bisa juga dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sudah dijalankan sebelumnya dengan bisnis yang sama.

Beberapa tips berguna untuk menjalankan bisnis warung kopi yang baik diantaranya sebagai berikut ini:

a. Manajemen Karyawan yang Tepat

Bisnis dengan kategori kecil bisa saja tidak perlu membutuhkan karyawan. Namun hal tersebut jelas dibutuhkan bila memang sudah masuk dalam kategori yang besar. Bisa dipastikan tidak akan mudah menjalankan usaha besar tanpa disertai dengan karyawan yang membantu. Bila memang tidak melakukan hal ini, besar kemungkinan

tidak akan bisa mengembangkan bahkan menjalankan sebuah bisnis besar. Terkait juga dengan bisnis warung kopi dengan taraf besar.

Namun karyawan yang dipilih sebaiknya yang sudah memenuhi kriteria sehingga bisa melakukan pekerjaan dengan baik, dan bisa mempengaruhi dari perkembangan bisnis di waktu mendatang. Lakukan pemilihan karyawan dengan tepat, misalnya dengan melakukan tahap seleksi secara wawancara, memberikan training guna mengetahui skill yang dimiliki setiap karyawan, dan menggunakan teknik lainnya.

b. Menghitung Stok Secara Rutin

Hal ini bisa dikatakan salah satu tindakan yang paling krusial, yang mana sangat berdampak pada pendapatan yang akan diterima nantinya. Bayangkan saja yang akan terjadi bila konsumen yang ingin membeli kopi sangat banyak, tetapi stok yang dimiliki sangat terbatas.

Sama saja hal tersebut membatasi dari pemasukan keuangan yang akan diterima nantinya. Maka dari itu alangkah lebih baik selalu cek stok ketersediaan kopi yang dimiliki. Bila memang stok yang dimiliki kurang, segera tambahkan stok baru lagi. Tambahkan stok yang sesuai agar tidak membuang stok nantinya.

Secara keseluruhan sediakan stok dengan benar dan sesuai dengan besarnya usaha yang sedang berjalan serta disesuaikan dengan tingkat pembelian dari konsumen.

c. Membersihkan Tempat Usaha

Tahap ini harus benar-benar diperhatikan. Sebuah tempat usaha mengalami peningkatan penjualan bukan hanya memberikan rasa yang enak saja, melainkan juga dipengaruhi kenyamanan pada tempat usaha tersebut.

Memang tidak bisa di pungkiri tempat yang bersih lebih menyenangkan bahkan nyaman untuk dikunjungi, terlebih untuk menikmati kopi. Bila memang usaha anda memiliki sejumlah karyawan, maupun dijalankan sendiri. Lebih baik menyempatkan

waktu beberapa saat atau di waktu libur untuk membersihkan ruangan yang menjadi tempat berjualan. Tempat yang bersih bukan hanya disukai oleh pemilik usaha namun juga disukai semua konsumen. Terapkan usaha yang benar salah satunya dengan menerapkan kebersihan setiap saat.

Kebersihan juga bisa menjadi faktor laris atau rating yang baik pada sebuah usaha. Termasuk juga bisnis warung kopi. Sekalipun warung kopi yang dijalani menggunakan lahan kecil, misalnya saja berada di pinggir jalan yakni hanya menggunakan tenda.

Maka tidak semestinya meninggalkan kebersihan. Tetapi harus tetap dilakukan guna membuat semua konsumen merasa nyaman dan bisa menikmati kopi yang sudah dipesan sebelumnya.

d. Menjalin Relasi dengan Customer

Kadang kala pasti akan mendapati konsumen baru setiap waktu. Sekalipun konsumen tersebut masih baru, tidak ada salahnya menjalin relasi dengan mereka. Misalnya yang dimulai dengan obrolan sederhana. Percayalah bila obrolan yang terjalin bisa membuat konsumen betah pada warung tersebut. Kemudian tidak menutup kemungkinan nantinya akan menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu panjang.

Bisa saja ke depannya menjalin kerja sama lain bersama konsumen tersebut. Contohnya tidak menutup kemungkinan juga konsumen anda selama ini memberikan modal tambahan guna memperbesar usaha yang sudah ada, atau membantu menyediakan stok dari kopi tersebut. Semua itu bisa saja bermula dari menjalin relasi yang baik dengan semua konsumen atau costumer.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui berkaitan dengan bisnis warung kopi. Bukan hanya membuka warung kopi saja namun tidak tahu hal apa yang harus dilakukan atau diperlukan guna mengembangkan usaha yang sudah ada. Maka dari itu pahami semua hal yang sudah

disampaikan diatas guna anda mendapatkan pemahaman lebih baik lagi berkaitan dengan bisnis warung kopi. Jadilah pebisnis yang paham akan semua hal termasuk untuk menjalankan bisnis dalam jangka panjang.