Di zaman yang serba maju, memiliki usaha sampingan ataupun membuat usaha bukan lagi menjadi permasalahan besar. Alasannya ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi usaha mandiri. Baik itu membuka usaha yang dimulai dari hobi, bahkan bisa juga dimulai dengan kegiatan sederhana. Misalnya saja membuka usaha laundry kiloan.

Namun sebelum membuka usaha laundry kiloan, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang diperlukan. Dalam artian harus mengenal persiapan yang benar sebelum usaha tersebut dilaksanakan nantinya.

Berikut ini aka dibahas beberapa hal yang diperlukan untuk membuka usaha laundry kiloan diantaranya:

 

1. Persiapan Sebelum Membuat Usaha Laundry Kiloan

Sebelum memulai usaha laundry kiloan, baik itu yang dimiliki pribadi maupun berkelompok. Ada baiknya melakukan persiapan dengan benar. Hal ini berguna untuk kelanjutan dari usaha yang akan dijalankan nantinya. Persiapan yang perlu dilakukan diantarnya sebagai berikut:

 

a. Pilih Lokasi yang Tepat

Persiapan pertama yang harus lakukan sebelum membangun usaha laundry kiloan yakni dengan memilih tempat yang tepat. Terlihat sederhana namun hal ini memiliki dampak besar untuk kemajuan usaha laundry kiloan. Dalam artian tempat yang bagus maupun strategis bisa membuka peluang mendapatkan konsumen lebih banyak lagi nantinya.

Ada baiknya memilih lokasi yang sekiranya berdekatan dengan konsumen bahkan dengan jumlah banyak. Misalnya saja di sekitar perumahan, kampus, sekolah dan tempat lainnya yang masih memiliki peluang besar dan tingkat konsumen tinggi.

 

b. Beli Peralatan Cuci yang Bagus

Setelah memilih lokasi yang tepat, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan yakni memilih peralatan cuci yang berkualitas bagus. Dalam artian yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha laundry kiloan serta bisa menjaga pakaian keutuhan pakaian yang sedang di cuci.

Secara keseluruhan tidak ada konsumen yang suka bila pakaian yang dicuci nantinya menjadi rusak. Maka dari itu peralatan yang bagus memang perlu diperhatikan dengan benar.

 

c. Memilih Supplier Sabun Pembersih

Apa jadinya bila usaha laundry kiloan hanya dilakukan pencucian tanpa menggunakan sabun. Jelas hal tersebut tidak akan membuat pakaian bersih maksimal. Bila memang usaha laundry kiloan sudah menjadi pilihan anda untuk berusaha, maka lebih baik mendapatkan supplier sabun pembersih terpercaya.

Baik itu dengan kualitas wangi yang baik, kualitas yang bisa menghilangkan kotoran pada pakaian dan hal lainnya yang bisa mendukung usaha laundry yang sedang dijalankan.

 

d. Mempelajari Cara Mencuci Baju yang Benar

Hal lain yang perlu dipersiapkan bila ingin membuka usaha laundry kiloan yakni tidak terlepas dari belajar mencuci baju dengan benar. Salah satunya misalnya berkaitan dengan memisahkan pakaian yang mudah luntur dengan pakaian yang tidak mudah luntur. Dengan demikian kualitas pakaian bisa tetap terjaga.

 

e. Menghitung Biaya dan Menentukan Harga

Persiapan selanjutnya yang patut diperhatikan yakni masalah biaya yang diberikan dari jasa laundry. Perhitungan yang dilakukan harus dimulai dari jumlah biaya yang dikeluarkan saat membeli peralatan.

Misalnya seperti biaya menyediakan sabun dan bahan lainnya. Dengan demikian akan mudah nantinya menentukan biaya setiap kali konsumen melakukan laundry. Jangan sampai biaya sekali laundry minus terhadap biaya awal yang dibutuhkan.

 

2. Tips Sukses Berbisnis Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan sebenarnya salah satu usaha yang bisa mengalami kesuksesan. Namun perlu memahami teknik atau tips yang diperlukan guna memajukan usaha tersebut. Pada dasarnya semua orang pasti menginginkan usaha yang terus berkembang dari setiap waktu. Bila memang ini menjadi tujuan anda, maka perhatikan beberapa hal berikut ini:

 

a. Layani dengan Ramah

Tips yang pertama perlu dilakukan secara terus menerus, terutama bila ingin membuat usaha laundry kiloan maju yakni dengan memberikan pelayanan maksimal. Pelayanan maksimal di sini bisa saja berupa pelayanan yang ramah. Tindakan ini simpel namun memiliki dampak yang besar terhadap semua konsumen. Hal ini juga bisa menentukan betah atau tidaknya konsumen dalam jangka waktu lama.

 

b. Perjanjian Awal Saat Laundry

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting harus dilakukan guna membuat usaha laundry kiloan maju yakni perjanjian awal saat konsumen memberikan pakaian. Misalnya memisahkan harga pakaian antara jenis pakaian lainnya.

Misalnya memberitahukan perbedaan harga jenis pakaian biasa dengan jenis kain katun, maupun alas kasur (bedcover). Ada baiknya memberikan perjanjian di awal masuknya pakaian jangan sampai diberitahukan setelah pakaian selesai di laundry. Bahkan termasuk juga perjanjian lainnya.

 

c. Kerjakan Tepat Waktu

Hal ini merupakan salah satu yang paling penting. Bila memang di awal sudah dijanjikan deadline lamanya pengerjaan, misalnya saja jadi 2 hari maka lakukan hal tersebut tepat waktu. Ketahuilah tidak semua konsumen menyukai dari keterlambatan terhadap laundry mereka, sekalipun sudah menyampaikan alasan yang benar pada konsumen tersebut.

Demi menjaga ketepatan waktu, sebaiknya mengerjakan laundry sesuai porsi saja, atau sesuai kemampuan. Yakni dengan tujuan tidak membuat hasil laundry melewati batas waktu yang sudah ditentukan nantinya.

 

d. Berikan Kualitas Terbaik

Ada kalanya konsumen menyerahkan banyaknya laundry berbeda. Misalnya saja ada yang hanya melakukan laundry dengan jumlah sedikit bahkan ada juga yang melakukan laundry dengan jumlah banyak.

Perlu diperhatikan, seberapa sedikit maupun banyak laundry yang diberikan konsumen, alangkah lebih baik tetap memberikan kualitas terbaik pada hasil laundry tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kepuasan konsumen terhadap jasa yang anda sediakan.

 

e. Tiru, Amati dan Modifikasi Pesaing

Ketika anda memulai sebuah usaha laundry, jelas hal tersebut bukan hanya dijalankan oleh anda saja. Namun sudah pasti ada orang lain juga yang memiliki usaha yang sama. Tetapi sekalipun sudah banyak usaha yang sama di sekitar anda, salah satunya laundry.

Pasti tetap ada peluang untuk maju, caranya yakni dengan mengamati serta modifikasi layanan yang diberikan. Usahakan memberikan nilai lebih pada konsumen yang mana belum pernah diberikan oleh jasa laundry lainnya.

 

f. Berinovasi Terus Menerus

Hal ini sebenarnya hampir sama dengan poin sebelumnya, yakni dengan teknik memberikan pelayanan lebih pada konsumen. Bisa berupa pelayanan terbaru yang mana belum dilakukan oleh pemilik usaha lainnya di bidang yang sama.

Tetapi usahakan inovasi yang dilakukan tidak hanya terjadi satu kali saja. Coba terus membuat inovasi setiap waktu, namun disesuaikan dengan kebutuhan maupun memperhatikan tingkat keberhasilannya. Dalam artian sebelum melakukan inovasi ada baiknya melakukan riset sederhana terlebih dahulu, yakni agar berguna untuk mencapai kesuksesan dari inovasi yang akan dijalankan nantinya.

Itulah beberapa hal yang patut diperhatikan bila memang ingin memiliki usaha laundry kiloan sampai bisa mengembangkannya dalam jangka waktu panjang. Perlu diperhatikan, jangan hanya membuat usaha namun tidak mengetahui hal apa yang harus dilakukan demi membuat kemajuan yang signifikan. Semoga dengan pembahasan yang sudah diberikan bisa mengembangkan usaha laundry kiloan anda ke depannya